• MLC-NASIR-PENGAWAS DIKMEN
  • Pendidikan mengajarkan manusia melintasi ruang dan waktu

Karakteristik dan Prinsip Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran Abad 21 merujuk pada pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan zaman sekarang, terutama dalam menghadapi perubahan yang cepat dan kompleks dalam era teknologi dan informasi. Berikut adalah beberapa karakteristik dan prinsip pembelajaran Abad 21:

1. Pembelajaran Berpusat pada Siswa:
Pembelajaran Abad 21 menempatkan siswa sebagai pusat perhatian dengan memberikan peran aktif dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator, membantu siswa untuk mengeksplorasi dan memperdalam pemahaman mereka.

2. Kolaborasi dan Komunikasi:
Pembelajaran Abad 21 mendorong kolaborasi dan komunikasi antara siswa. Siswa didorong untuk bekerja sama dalam kelompok, berdiskusi, berbagi ide, dan menyelesaikan masalah bersama-sama.

3. Kreativitas dan Inovasi:
Pembelajaran Abad 21 mendorong siswa untuk berpikir kreatif, mengeksplorasi gagasan baru, dan mengembangkan solusi inovatif untuk masalah yang dihadapi.

4. Pemanfaatan Teknologi:
Pembelajaran Abad 21 memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas, serta memperluas akses ke sumber informasi.

5. Keterampilan Abad 21:
Pembelajaran Abad 21 berfokus pada pengembangan keterampilan abad 21, seperti keterampilan kritis, kreatif, komunikasi, kolaborasi, serta kemampuan pemecahan masalah dan pemikiran analitis.

6. Pembelajaran Seumur Hidup:
Pembelajaran Abad 21 mengajarkan siswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup, mendorong mereka untuk terus belajar dan mengembangkan diri di era yang selalu berubah.

7. Pengalaman Kontekstual:
Pembelajaran Abad 21 memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan relevan dengan dunia nyata, sehingga siswa dapat mengaitkan materi dengan pengalaman mereka sendiri.

8. Pembelajaran Mandiri:
Pembelajaran Abad 21 mendorong siswa untuk belajar secara mandiri, dengan mengambil inisiatif dalam pencarian informasi dan memahami konsep lebih dalam.

9. Pembelajaran Interdisipliner:
Pembelajaran Abad 21 mengintegrasikan disiplin ilmu yang berbeda dalam satu pembelajaran untuk memberikan pemahaman yang holistik dan lebih menyeluruh.

10. Pemecahan Masalah Dunia Nyata:
Pembelajaran Abad 21 mendorong siswa untuk mengaplikasikan pemahaman dan keterampilan mereka dalam memecahkan masalah dunia nyata, termasuk masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Pembelajaran Abad 21 menekankan pada pengembangan kualitas siswa secara holistik, sehingga mereka siap menghadapi tantangan dan menjadi kontributor yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia yang terus berubah.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
3 Kemungkinan Mengapa Orang Percaya Teori Konspirasi

Ada ratusan atau bahkan ribuan teori konspirasi di dunia ini. Meski banyak yang tidak percaya, ada segelintir orang yang meyakini kebenaran dari teori konspirasi yang beredar. Teori ko

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 248 kali
Tiga Tips Menghindari Pencurian Data, Mesti Tahu!

Tersebarnya data pengguna Tokopedia, dan sebelum itu BukaLapak, mengingatkan pentingnya keamanan di dunia maya. Ini 3 tips penting menjaga akun kita tetap aman. Pakar keamanan internet

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 187 kali
Elearning di Tengah Learning Lost

Era pandemi COVID-19 telah membawa tantangan besar bagi dunia pendidikan. Dikenal sebagai "learning lost" atau kehilangan pembelajaran, pandemi telah mengakibatkan gangguan pada proses

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 206 kali